Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan berbasis internet yang menyediakan sumber daya atau resource untuk disewakan sebagai tempat menyimpan data atau tempat menjalankan aplikasi atau website ditempat terpusat yang disebut dengan server sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Dari pengertian hosting diatas dapat disimpulkan bahwa hosting adalah ibarat sebuah rumah yang disewakan dengan ukuran tertentu dan setiap bangunan rumah pasti memiliki ukuran yang berbeda.

Hosting sangat berperan penting dalam dunia internet, tanpa hosting semua data yang ada di website tidak akan bisa ditampilkan pada browser sehingga website anda tidak dapat diakses oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan anda tidak memiliki tempat untuk menyimpan data pada website.

Pengertian Hosting
Perbedaan Hosting dan Domain

Perbedaan Hosting dan Domain

Ketika anda ingin membuat website tentu anda butuh yang namanya hosting dan domain. Namun tak jarang yang belum mengetahui apa itu hosting dan domain.

Secara singkat hosting merupakan tempat untuk menyimpan data berupa file, gambar, video pada website sehingga bisa diakses melalui internet. Sedangkan domain adalah sistem penamaan di dunia internet yang mewakili kelompok alamat yang disebut IP address.

Dengan sistem penamaan ini kita akan lebih mudah mengingat alamat tersebut dibandingkan dengan angka IP address. Sebagai contoh, kita akan lebih mudah mengingat nama “indowebsite.co.id” dibandingkan dengan alamat IP-nya, misalnya: “167.276.276.228”. Dengan kata lain hosting diibaratkan sebagai rumah dan domain sebagai alamat rumahnya.

Jenis-jenis Hosting

Sebelum membeli layanan hosting, tentu anda harus paham mengenai fungsi hosting dan juga cara kerja hosting. Selain itu anda juga harus tahu jenis-jenis hosting yang disediakan oleh para provider layanan hosting. Hal ini bertujuan agar anda tidak salah pilih untuk menentukan jenis hosting sesuai dengan kebutuhan website anda. Berikut ini adalah beberapa jenis hosting yang harus anda ketahui.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang servernya dipakai oleh banyak user akun hosting sekaligus, artinya satu server digunakan secara bersama-sama sehingga shared hosting mengharuskan untuk berbagi server dengan pengguna lain. Jadi pada saat traffic pengguna lain tinggi maka akan berpengaruh pada performa website anda. Shared hosting merupakan salah satu jenis hosting yang cukup populer dan banyak digunakan karena harganya yang cukup murah. Layanan ini sangat cocok untuk sebuah website baru yang tidak memiliki traffic yang tinggi.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang memiliki resource seperti VPS yang dilengkapi dengan kemudahan penggunaan seperti shared hosting. Oleh karena itu anda tidak perlu memiliki kemampuan khusus dari segi teknis mengelola server untuk bisa menggunakan cloud hosting. Pada layanan ini hosting akan memberikan beban ke beberapa server sekaligus yang mana ketika salah satu server mati atau mengalami gangguan, website anda akan tetap online dikarenakan sudah di backup oleh server lain.

VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) hosting adalah jenis layanan hosting khusus yang resourcenya memang disediakan oleh satu user saja. Sehingga kinerja server tidak akan berpengaruh terhadap pengguna lain. Layanan VPS ini memberikan akses penuh bagi anda untuk mengatur dan mengelola resource dalam menentukan sistem operasi maupun platform yang ingin digunakan. Untuk konfigurasi server dilakukan oleh user sendiri sehingga anda harus memiliki skill teknis dalam mengelola server.

Wordpress Hosting

Wordpress hosting adalah jenis layanan hosting yang dioptimalkan khusus untuk wordpress yang dibuat seperti shared hosting. Namun bedanya untuk wordpress hosting ini konfigurasi servernya dikhususkan untuk wordpress. Layanan ini akan memudahkan anda dalam pembuatan website hanya dengan beberapa klik saja, wordpress hosting ini juga ditempatkan di server khusus dengan menggunakan web server LiteSpeed Enterprise yang dilengkapi dengan fitur LS Cache sebagai sistem caching web server yang membuat akses website anda jauh lebih cepat.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah hosting yang satu server yang hanya digunakan oleh satu user saja tanpa berbagi akses dengan pengguna lain. Jadi anda tidak perlu khawatir website anda down dikarenakan satu server hanya didedikasikan untuk anda seorang. Layanan ini juga memberikan akses penuh terhadap server sehingga anda bebas untuk melakukan konfigurasi server sesuai dengan keinginan. Dedicated server ini sangat cocok digunakan untuk website yang memiliki traffic yang tinggi seperti e-Commerce atau marketplace, sistem perbankan dan lain-lain.

Email Hosting

Email hosting adalah salah satu jenis layanan hosting yang dikhususkan untuk aktivitas email baik menerima maupun mengirim email. Email hosting ini menyediakan layanan membuat alamat email sesuai dengan brand atau bisnis anda. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang ingin menggunakan nama email sesuai dengan nama brand contoh namaanda@perusahaananda.com. Dengan memiliki akun email bisnis, secara otomatis akan menaikkan citra perusahaan anda karena tidak menggunakan domain orang lain alias gratisan, seperti yahoo, gmail atau layanan gratis lainnya.

Kelebihan Hosting di IndoWebsite

Layanan hosting IndoWebsite dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru yang memudahkan pengguna untuk mengelola website, serta technical support full 24 jam. Fasilitas data center yang canggih serta handal minimum downtime. Pilih paket Web Hosting Anda sekarang juga!

Server Berkualitas

Jaminan Server Uptime 99.9%

Tim kami akan selalu memantau dan memastikan bahwa website anda selalu online 24 jam. Karena kami menggunakan server dengan spesifikasi terbaik dan server kami juga terletak pada data center terbaik di Indonesia.

Harga Murah

Harga Murah

Kami menawarkan layanan web hosting murah Indonesia namun kualitas premium. Anda akan mendapatkan domain dan SSL gratis untuk pembelian paket hosting tertentu. Dengan harga paket mulai dari Rp. 17.222 per bulan.

Garansi 30 Hari

Garansi 30 Hari

Anda tidak perlu khawatir jika merasa kurang puas dengan layanan yang sudah kami berikan. Karena IndoWebsite memberikan garansi yang berlaku selama 30 hari sejak layanan diaktifkan dan kami pastikan uang kembali 100%.

Domain Gratis

Domain Gratis

Dengan membeli layanan shared hosting yang terdapat keterangan "Gratis Domain". Anda berhak mendapatkan gratis domain berdasarkan jenis paket yang sudah ditentukan. Anda bebas memilih nama domain sesuai dengan kebutuhan website anda.

Gratis SSL

SSL Gratis

Kami juga memberikan SSL gratis secara cuma-cuma pada setiap layanan web hosting anda. Dengan menggunakan Sertifikat SSL, keamanan website anda lebih terjamin dan pengunjung situs web anda juga akan lebih percaya pada saat ingin bertransaksi.

Support 24 Jam

Support 24 jam

Tim Support kami selalu siap untuk membantu Anda 24 jam nonstop dalam menangani pertanyaan dan permasalahan mengenai layanan kami. Anda juga dapat menghubungi kami melalui chat, telepon maupun WhatsApp.

Sudah Memiliki Layanan Web Hosting di Tempat Lain?
Pindahkan ke Indowebsite Sekarang!

Transfer Hosting

Transfer hosting Anda ke hosting web di IndoWebsite. Coba dulu performance Web Hosting kami. Tidak puas, tidak perlu bayar. Hubungi tim marketing kami untuk informasi lebih lanjut.

Tim kami akan membantu memindahkan seluruh data dari akun hosting lama ke IndoWebsite. Buktikan Sekarang!

Promo Transfer Hosting

Awali bisnis online Anda bersama IndoWebsite!

IndoWebsite yang akan menyediakan layanan web hosting murah kualitas premium untuk kesuksesan bisnis Anda.