Knowledge Base

Mengatasi 500 Internal Server Error

Nunut   20 November 2012

Error website 500 Internal Server Error merupakan error yang cukup umum ditemukan pada website yang menggunakan CMS wordpress. 500 Internal Server Error adalah kode status HTTP umum yang berarti ada kesalahan pada webserver website, tetapi webserver tidak bisa lebih spesifik menampilkan tentang masalah sebenarnya.

Apabila anda melakukan upload website anda ke hosting. Kemudian setelah melakukan setting database dan konfigurasinya namun menemukan tampilan error 500 Internal Server Error, seperti pada gambar berikut.
internal-error.jpg

Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari rule file .htaccess yang anda miliki pada website anda dan juga file permission setiap direktori dan file anda. Anda harus melakukan sedikit perubahan dari file .htaccess anda melalui Editor di File Manager cPanel anda.

edit-htaccess.jpg

Dengan merubah code, jika ada baris:

+FollowSymLinks atau -FollowSymLinks

Ganti menjadi

+SymLinksIfOwnerMatch atau -SymLinksIfOwnerMatch

Dan juga jika ada baris code

Options All +Indexes atau Options All -Indexes

Di hilangkan kata All, sehingga menjadi seperti

Options +Indexes atau Options -Indexes

Jika tidak ada, jangan menambahkan kode diatas.

Perlu diperhatikan bahwa file .htaccess apabila tidak hanya di public_html, anda bisa periksa di directory home atau di directory lainnya untuk menyamakan rule menjadi seperti rule di atas.

Dan Pastikan File Permission sudah sesuai dengan permission setiap Direktori 755 dan permission setiap file 644 sesuai petunjuk pada halaman Cara Mengubah File Permission.

Apabila anda telah coba melakukan beberapa langkah di atas, namun tetap menampilkan pesan 500 Internal Server Error pada halaman web anda, silahkan bisa hubungi kami.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil 🙂