Hosting

Server

Website

CMS

Invisible Recaptcha pada WordPress – Install dan Setup

Oleh Ngubaedilah - 16 Juli 2019

Salah satu indikator website yang baik adalah sistem keamanan yang mumpuni. Salah satu keamanan yang harus ditingkatkan dalam sebuah website adalah sistem keamanan untuk melindungi website dari serangan DDOS. Pada website wordpress, anda bisa menggunakan sebuah plugin untuk mengatasi serangan DDOS tersebut, yaitu dengan menggunakan Invisible Recaptcha.

Plugin Invisible Recaptcha

Plugin Invisible Recaptcha Google adalah sebuah plugin yang berfungsi untuk mengamankan wordpress dari serangan DDOS pada halaman login dan spam komentar. Plugin ini akan secara otomatis memblock IP yang dianggap berpotensi melakukan serangan DDOS. Sehingga website anda akan aman karena tindakan tersebut.

Cara Install Plugin Invisible Recaptcha

Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara install plugin Invisible Recaptcha pada wordpress.

  1. Login Wp-admin.
    Login ke wp-admin wordpress anda dengan cara akses https://contohdomain.com/wp-admin, kemudian masukan username dan passwordnya.

  2. Tambah Plugin Baru.
    Setelah berhasil login, kemudian masuk ke menu Plugin lalu pilih Tambah Baru. Masukan pada kolom pencarian Invisible Recaptcha. Setelah ketemu, kemudian klik Pasang lalu tunggu sebentar sampai proses installasi selesai.

  3. Setelah proses instalasi selesai, silahkan aktifkan plugin tersebut. Anda juga bisa melihat artikel Cara Install plugin pada WordPress untuk mempermudah.

Setup Plugin Invisible Recaptcha

Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin Invisible Recaptcha, anda tidak bisa langsung menggunakannya. Sebab plugin ini harus di setup terlebih dahulu. Berikut ini cara setup plugin Invisible Recaptcha.

Dapatkan Google Site Key dan Secret Key

Sebelum dapat melakukan setup plugin Invisible Recaptcha, anda harus mendapatkan Google Site Key dan Secret Key terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan Google Site Key dan Secret Key.

  1. Silahkan akses halaman Captcha Google, kemudian klik menu v3 Admin Console.

  2. Kemudian login ke akun google anda.

  3. Setelah berhasil login, kemudian klik tombol + (plus) untuk menambah website baru.

  4. Isi form pendaftaran google Recaptcha.

    • Label: Diisi dengan nama Recaptcha anda (bisa diisi dengan nama domain).
    • reCAPTCHA type: Pilih reCAPTCHA v2 > Invisible reCAPTCHA badge.
    • Domains: Diisi dengan nama domain anda.
    • Owner: Diisi dengan alamat email anda.
    • Accept the reCAPTCHA Term of Service: Dicentang.
    • Send alert to owners: Sebaiknya dicentang agar anda mendapatkan email jika ada peringatan.
      Setelah berhasil diisi semua, silahkan klik tombol Submit.
  5. Setelah itu akan muncul kode Site Key dan Secret Key. Silahkan salin dan simpan kedua kode tersebut.

Pasang Google Site Key dan Secret Key

Setelah mendapatkan Google Site Key dan Secret Key, selanjutnya pasang kode tersebut pada plugin Invisible Recaptcha. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke halaman utama dashboard wordpress anda, lalu klik menu Pengaturan > Invisible Recaptcha. Setelah itu akana muncul halaman pengaturan plugin Invisible Recaptcha, silahkan klik tab Settings. Disitu terdapat kolom Site Key dan Secret Key. Silahkan masukan kode yang tadi anda dapatkan dari google ke kolom tersebut.

  2. Pindah ke tab WordPress, setelah itu centang semua komponen yang ingin dilindungi oleh plugin Invisible Recaptcha.

  3. Setelah itu pindah ke tab Contact Forms. Silahkan centang semua form yang ada pada website anda agar terlindungi oleh plugin Invisible Recaptcha.

  4. Anda juga bisa melindungi beberapa komponen lain seperti WooCommerce, UltraCommuniti dan BuddyPress jika anda menggunakannya.

  5. Jangan lupa klik Simpan Perubahan pada setiap pengaturan.

Kesimpulan

Anda telah berhasil install dan setup plugin Invisible Recaptcha untuk mengamankan wordpress anda dari serangan DDOS dan spam komentar. Jika anda membutuhkan hosting dengan peforma yang tinggi untuk wordpress, anda bisa coba layanan wordpress hosting indonesia dari IndoWebsite.

Jika ada pertanyaan tentang artikel Invisible Recaptcha pada WordPress – Install dan Setup, silahkan hubungi staf Indowebsite.