Knowledge Base

Invisible Recaptcha pada WordPress – Install dan Setup

Ngubaedilah   16 Juli 2019

Plugin Invisible Recaptcha

Plugin Invisible Recaptcha Google adalah sebuah plugin yang berfungsi untuk mengamankan wordpress dari serangan DDOS pada halaman login dan spam komentar .

Cara Install Plugin Invisible Recaptcha

Pada artikel kali ini, saya akan coba menjelaskan cara install plugin Invisible Recaptcha pada wordpress. Atau bisa juga di lihat pada artikel Cara Install Plugin Pada WordPress.

  1. Login Wp-admin
    Login ke wp-admin wordpress anda dengan cara akses http://domain.com/wp-admin. Kemudian masukan user dan passwordnya.

  2. Tambah Plugin Baru
    Setelah berhasil login, kemudian masuk ke menu Plugin lalu pilih Tambah Baru. Masukan pada kolom pencarian Invisible Recaptcha. Setelah ketemu, kemudian klik Pasang lalu tunggu sebentar sampai proses installasi selesai. Kemudian klik Aktifkan.

plugin recapctha

Setup Plugin Invisible Recaptcha

Sampai langkah di atas, kita sudah berhasil melakukan installasi dan mengaktifkan plugin Invisible Recaptcha. Langkah selanjutnya adalah setup pluginnya.

Masuk ke menu Pengaturan

lalu Invisible reCaptcha. Setelah masuk ke pengaturan, kita harus mengisi kolom Your Site Key dan Your Secret Key. Untuk mendapatkan kode Site Key dan Secret Key, kita harus login ke halaman Captcha Google.

Site Key dan Secret Key
  • Akses halaman Captcha Google, kemudian klik Admin Console.

google captcha

  • Kemudian login ke akun google anda.

Login Google

  • Setelah berhasil login, kemudian klik tombol + (plus) untuk menambah website baru.

creat captcha

  • Isi kolom Label dan Domains sesuai dengan nama domain anda.
  • Lalu untuk reCAPTCHA type pilih reCAPTCHA v2 > Invisible reCAPTCHA badge. Untuk lebih jelas maka bisa lihat gambar di bawah ini.

Opsi Pengisian

  • Kemudian klik Submit.
  • Setelah itu akan muncul kode Site Key dan Secret Key. Kemudian copy paste ke kolom Your Site Key dan Your Secret Key yang ada di wp-admin.

site key

WordPress Protection Settings

Kembali ke wp-admin. Setelah mendapatkan kode Site Key dan Secret Key dari google captcha. Kemudian klik Simpan Perubahan. Untuk mengaktifkan perlindungan di halaman login dan komentar wordpress klik tab WordPress. Kemudian centang semua kolom yang ada untuk mengaktifkan perlindungan pada wordpress.

3-min.png

Kesimpulan
Anda telah berhasil install dan setup plugin Invisible Recaptcha untuk mengamankan wordpress anda dari serangan DDOS dan spam komentar. Jika anda membutuhkan hosting dengan peforma yang tinggi untuk wordpress, anda bisa coba layanan wordpress hosting indonesiadari IndoWebsite.