Knowledge Base

Menonaktifkan Fitur Trackback Dan Pingback

Rian   28 September 2015

Spammer kini telah menemukan trik baru dengan memanfaatkan fitur trackback dan pingback pada CMS WordPress. Sebenarnya fitur trackback dan pingback memberikan banyak sekali keuntungan bagi pengguna WordPress. Karena kemampuannya melakukan ping otomatis ke berbagai mesin pencarian, sehingga blog/website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter-index di mesin pencari.

Namun sekarang trackback dan pingback justru malah di jadikan celah oleh para spammer untuk mendapatkan backlink secara otomatis. Permasalahan ini tentu saja sangat merugikan sekali bagi banyak orang pengguna WordPress, apalagi jumlah spam dari trackback dan pingback yang terkirim jumlahnya tidak tangung-tanggung, jumlahnya pun bisa sampai sepuluh perhari atau bahkan lebih. Kalau tidak segera diatasi spam tersebut lama kelamaan akan menumpuk menjadi trackback dan pingback sampah yang akan memenuhi database Hosting Anda. Dan bisa terkena laporan Abuse ataupun bisa juga tersuspend blog/website Anda karena bisa menjadi serangan DDoS (Distributed Denial of Service attack).

Menonaktifkan fitur trackback dan pingback melalui dashboard WordPress.

Langkah 1.
Login ke Dashboard WordPress blog/website Anda.

Langkah 2.
Masuk ke dalam menu Settings/Pengaturan >> Discussion/Diskusi. Lepas centang “allow link notifications…” di bagian Defaulti article Setting

Screen-Shot-2015-09-28-at-10.55.25-300x257.png

Gambar 1

Screen-Shot-2015-09-28-at-10.59.58-300x57.png

Gambar 2

Menonaktifkan Functions pingback.

Setiap template/themes berbasis WordPress memiliki file dengan nama functions.php yang dapat kita jadikan salah satu cara untuk mencegah pingback ini dengan menambahkan code di bawah ini :

add_filter( 'xmlrpc_methods', function( $methods ) {
   unset( $methods['pingback.ping'] );
   return $methods;
} );

Menambahkan plugins

Ada berbagai plugin yang dapat mematikan fitur trackback dan pingback, berikut ini salah satu plugin yang di maksud;

  • Disable XML-RPC Pingback
  • Remove XMLRPC Pingback
  • Dengan catatan download plugins tersebut dari situs aslinya https://wordpress.org/plugins/

Semoga bermanfaat