Knowledge Base

Mengirim dan Menerima Email dengan Webmail

Fikri   28 November 2011

Webmail merupakan aplikasi untuk menangani aktivitas email seperti membuka email masuk, mengirim email, menghapus email dan sebagainya. Aplikasi webmail terdapat pada server sehingga bisa diakses melalui web browser (berbasis website). Secara fungsional, webmail sama dengan aplikasi untuk menangani email seperti Outlook, Foxmail, Thunderbird dan sebagainya. Namun bedanya, Webmail dapat diakses melalui web browser tanpa harus menginstall terlebih dahulu pada sebuah device.

Berikut cara untuk membuka webmail.

  1. Buka halaman login Webmail. Untuk membuka halaman Webmail dapat melalui link yang diakhiri dengan /webmail atau :2096. Misalkan dalam kasus ini menggunakan domainku.ext maka untuk masuk ke webmail dapat menggunakan URL http:// domainku.ext/webmail atau http:// domainku.ext:2096, atau bisa juga melalui IP address utama. Silahkan cek email dengan subjek Detail Hosting Anda yang dikirim pada saat pengaktifan layanan hosting anda untuk melihat IP address utama.

  2. Setelah mengakses URL webmail pada browser (http:// domainku.ext/webmail), akan muncul halaman login webmail.

Halaman Login Webmail

  1. Masukan detail login webmail yang sudah anda buat melalui cpanel. Jika belum membuat akun email, silahkan buat akun email di cpanel terlebih dahulu.

    Username : Alamat Email lengkap anda, misal admin@domainku.ext

    Password : Password yang dibuat saat pembuatan email.

  2. Setelah berhasil login webmail, akan tampil beberapa pilihan penggunaan software email yaitu Roundcube dan Horde. Masing-masing software memiliki fitur, kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Anda bisa mencoba satu per satu untuk menentukan mana yang lebih baik.

    Pilihan Setelah Login Webmail

  3. Klik tombol atau icon software yang dipilih, setelah itu anda akan diarahkan ke halaman dashboard software tersebut.

    Tampilan Dashboard Roundcube
    Tampilan Roundcube

    Tampilan Dashboard Horde
    Tampilan Horde

  4. Selanjutnya silahkan mencoba untuk mengirim dan menerima email dengan menggunakan Software tersebut.

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan tentang artikel Mengirim dan Menerima Email dengan Webmail.