Knowledge Base

Cara Compress File Di cPanel File Manager

Nunut   12 Desember 2012

Ketika ingin membackup file yang ada pada file manager cPanel, anda bisa mengcompressnya terlebih dahulu dalam file manager tersebut hingga menjadi satu file kompresi, misalnya menjadi file zip.

Cara Compress File di cPanel

Berikut cara mengcompress semua file pada sebuah folder di cpanel menjadi satu file, dengan ekstensi zip.

  1. Silahkan login ke cpanel anda, lalu pilih menu File Manager.

    File Manager

  2. Pilih file/folder yang ingin di kompres dengan menekan tombol Ctrl + Klik, atau bisa pilih semua dengan mengklik Select All pada menu bagian atas.

    Blok File yang ingin Dikompres

  3. Setelah itu klik kanan pada folder/file yang sudah dipilih lalu klik Compress. Anda juga bisa langsung mengklik tombol Compress dibagian kanan atas.

    Menu Compress

  4. Akan muncul jendela Compress. Silahkan pilih ekstensi file hasil kompresinya, disarankan pilih Zip Archive. Anda juga bisa menentukan letak dan nama file hasil kompresi pada kolom Enter the name of the compressed archive and click Compress. Jika sudah selesai, klik tombol Compress File(s).

    Pilih Ekstensi File Compress

  5. Tunggu hingga proses kompresi files selesai. Letak dan nama file akan disimpan sesuai pengaturan yang anda masukan pada langkah 4. Jika proses kompresi sudah selesai maka akan menampilkan informasi nama-nama file yang dikompress tersebut, klik Close pada informasi tersebut.

    Compress Selesai

  6. Compress file sudah selesai, saat ini file-file anda sudah berhasil di kompresi menjadi satu.

    Hasil File Compress

Jika ada pertanyaan tentang artikel Cara Compress File di cPanel, silahkan hubungi staf Indowebsite.