Knowledge Base

Mengatur DNS Domain .com Melalui Domain Manager

Ngubaedilah   3 Oktober 2016

Manage DNS atau mengatur DNS sebuah domain bisa di lakukan melalui server ataupun domain manager . Saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah untuk mengatur DNS domain .com melalui domain manager .

  1. Langkah pertama adalah login ke domain manager anda . Untuk login ke domain manager domain .com Indowebsite silahkan bisa melalui http://dm.indowebsite.net/ca/login . Jika baru pertama login silahkan klik forgot password untuk mendapatkan password pertama . Nantinya link reset password akan terkirim ke email .
  2. Setelah berhasil login ke domain manager , masuk ke menu Products > Domain . Setelah masuk ke menu domain akan muncul list domain yang terdaftar.
  3. Klik nama domain yang akan anda atur DNS nya .
  4. Jika baru pertama melakukan manage DNS maka nameserver domain harus di reset terlebih dahulu supaya ke default nameserver . Caranya adalah klik Park domain .Setelah di Park domain , nameserver domain akan ter-reset dan kembali ke nameserver default . Nameserver default domain .com Indowebsite adalah :

ns01.hostcontrol.com
ns02.hostcontrol.org
ns03.hostcontrol.com

![1-2.jpg](https://media.cdn.my.id/uploads/1_2_734cd5faac.jpg)
  1. Selanjutnya klik Custom DNS untuk memulai mengatur DNS domain . Masuk ke halaman Custom DNS . Supaya lebih jelas bisa di lihat gambar di bawah ini .
    Masukan DNS yang ingin ditambahkan . Untuk menambah DNS record klik tombol add dns record . Dan untuk menghapus DNS record klik tanda silang ( X ) yang ada di samping kanan .

    2 (1).jpg

  2. Setelah DNS record berhasil ditambahkan klik tombol Save untuk menyimpan . Setiap perubahan DNS akan ada proses propagasi DNS selama sekitar 24-72 jam . Untuk lebih jelas apa itu propagasi DNS bisa di cek pada artikel Pengertian propagasi DNS .

Demikian adalah cara mengatur DNS domain .com melalui domain manager .