Blog

Domain Gratis Tak Bersyarat

Ini Rahasianya Jika Ingin Domain Gratis Tak Bersyarat

  • Purwanto

  • 27 Januari 2019

Banyak orang memilih domain gratis dari pada membeli domainnya sendiri karena keterbatasan dana. Beruntungnya saat ini banyak situs menyediakan nama domain secara gratis. Misalnya saja, seperti Blogger, Weebly, dan WordPress.com. Semua web yang dibuat dalam platform gratis ini mudah dikenali karena sudah banyak orang yang memilikinya. Maka dari itulah, bila anda ingin terlihat berbeda, buat saja nama domain yang gratis dengan cara di bawah ini:

Cara Mendapat Domain Gratis dari Situs Penyedia Nama Domain

Untuk mendapatkan domain yang gratis dari penyedia nama domain, anda bisa menggunakan bantuan domain dari TLD seperti .co, .cc, .nr. Meskipun terdengar asing, ternyata domain TLD ini berfungsi sama seperti domain yang lain. Domain versi gratis ini juga bisa dipakai untuk web dan membuat email atas nama domain anda sendiri. Namun dibalik semua kelebihannya itu, ternyata ada juga kekurangannya.

Yaitu, memiliki kredibilitas yang kecil daripada nama domain dari TLD yang premium, seperti .net atau .com. Bahkan, terkadang domain ini kerap diblokir dan dianggap sebagai spam. Selain itu, karena reputasinya yang buruk, domain semacam ini biasanya tidak begitu memikat para pengiklan. Sehingga, dari pengalaman penggunanya sering merasa kesulitan untuk mendapat rangking atas dalam pencarian google.

Disamping itu, domain ini biasanya sulit didaftarkan pada Google Adsense. Dengan semua kelemahannya itu, maka kami tidak merekomendasikan menggunakan nama domain yang gratis seperti ini untuk kebutuhan blog pribadi. Namun, untuk yang masih pemula dan baru belajar, mungkin ini tidak masalah. Anda bisa memulainya dengna mencoba wordpress. Untuk mendapatkannya, bisa langsung gunakan dot.cf , freenom .com, my.ga , nl.gl , dll.

Cara Mendapat Domain secara Gratis dari Penyedia Hosting

Jika anda masih belum puas dengan domain gratis dari ccTLD, maka anda bisa memanfaatkan sejumlah penyedia hosting yang mengadakan promo hadiah, berupa pemberian nama domain secara cuma-cuma. Sehingga, anda bisa mendapatkan nama domain secara gratis. Menariknya lagi adalah, nama domain yang diberikan biasanya sudah cukup populer. Yaitu, co.id , .com, .xyz, dll. Dengan layanan hosting di IndoWebsite, anda bisa mendapatkan domain gratis selamanya.

Cara Mendapatkan Domain Gratis dengan Email

Untuk mendapatkan domain yang gratis dengan email, maka anda bisa memanfaatkan email .edu. Ini adalah sebuah email khusus untuk mahasiswa dan staff pengajar di universitas atau sekolah yang ada di AS. Banyak kelebihan dari email .edu karena potongan harganya disertai dengan voucher yang dapat dipakai untuk semua produk digital. Misalnya saja, seperti Digital Ocean, Google Drive, Azure, dll.

Dengan email .edu inilah anda bisa mendapat domain secara gratis dengan ekstensi berupa .me dan .tech. Namun sayangnya, email .edu ini hanya bisa dimiliki warga AS saja. Namun, kini anda masih bisa memilikinya dengan cara membelinya dari forum online atau di sosial media. Mengingat saat ini ada banyak penjual domain ini yang bisa ditemukan secara online.

Berburu Promo Domain Gratis

Selain untuk mendapatkan domain gratis, alternatif terbaik lainnya adalah anda bisa menunggu saat ada promo domain gratis. Jadi, beli saja nama yang premium. Untuk domain berakhiran .com umumnya biayanya tidak begitu mahal. Sehingga, akan lebih baik bila membeli domain premium saja yang lebih jelas dan punya kredibilitas yang tinggi agar mudah didaftarkan di Adsense dan ada full supportnya. Maka dari itulah, bila ingin menjalankan bisnis, sebaiknya anda menggunakan yang berbayar.