Blog

Kelebihan SSL Certificate

Ini Jadinya Bila Menggunakan SSL Certificate, Simak yang Terjadi!

  • Purwanto

  • 17 Januari 2019

Anda mungkin masih asing dengan yang namanya SSL certificate, beserta fungsinya. Hal ini sangat wajar sekali. Mengingat istilah ini memang sangat asing sekali di telinga kebanyakan orang. Terlebih bila orang tersebut tidak mengenal dunia blogging, sudah pasti mereka tidak tahu apa itu yang dimaksud dengan sertifikat SSL dan juga fungsinya. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan sedikit penjelasan pengertian sertifikat SSL dan fungsinya.

SSL Certificate Adalah

Sertifikat SSL merupakan file data yang telah bekerja dengan cara digital dan menjadikan web anda secara otomatis langsung terenskripsi. Dengan begitu, data anda tidak akan terbaca para hacker yang ingin meretas web anda. Dijamin, setelah anda menginstalnya ke dalam server web anda, maka dengan mengaktifkan gembok dan protokolnya, hal ini bisa membuat koneksi anda lebih aman dari server web menuju ke browser.

Jadi, apakah anda sebelumnya pernah mengakses web yang ada keterangan https sebelum ada nama domainnya? Singkatnya adalah, protokol https ini sebenarnya adalah SSL. Mungkin ada banyak di antara dari anda yang kerap mengakses web yang berawalan https, namun dijamin belum tentu di antara anda paham dengan apa yang dimaksud SSL itu. Maka dari itulah, kali ini kami ada untuk menjelaskan semuanya.

Cara kerja SSL Certificate

Pada dasarnya, sertifikat SSL itu memakai bantuan sesuatu yang disebut juga dengan public key cryptography. Untuk jenis cryptography itu sendiri bisa memanfaatkan kekuatan dari 2 kunci yang menjadi rangkaian panjang angka yang telah dihasilkan dengan acak. Yaitu, public key dan juga private key. Untuk public key ini berguna untuk mengidentifikasi server milik anda dan akan ada dalam domain publik.

Fungsinya adalah untuk mengenkripsi file yang anda kirim. Sedangkan private key adalah untuk mengunci file yang anda terima. Jadi, fungsi dari private key da public key itu sudah pasti berbeda sekali. Karena keduanya memang sama-sama berguna untuk melindungi file yang diterima dan dikirim, hanya saja masing-masing memiliki perannya sendiri untuk melindungi file yang dikirim dan diterima.

Alasan SSL Certificate begitu penting

Sertifikat SSL sangat penting sekali karena dapat menjaga keamanan data di antara server yang ada. Selain itu, SSL ini juga bisa meningkatkan Google ranking pada web anda. Dengan begitu, bagi pebisnis online akan lebih mudah dalam meningkatkan dan membangun kepercayaan bisnis anda pada pelanggan. Selain itu, tingkat konversi traffic anda juga menjadi lebih baik berkat penggunaan SSL ini.

Sertifikat SSL itu sendiri terdiri atas berbagai macam varian. Yaitu, SSL single domain, SSL wildcard domain, dan SSL greenbar. Untuk SSL single domain itu sendiri sama seperti namanya, karena merupakan salah satu jenis dari SSL yang berguna untuk melindungi 1 site untuk 1 domain. Jadi, SSL jenis ini Cuma bisa dipakai untuk main domain saja atau pada 1 sub domain saja.

Selanjutnya, ada SSL wildcard domain yang berguna untuk melindungi sub domain yang banyak sekaligus. Bahkan, sekalipun ada banyak domainnya, namun SSL ini cukup aman membuat web anda bisa terlindungi. Yang ketiga ada SSL greenbar yang sudah dilengkapi pula dengan keterangan nama perusahaan pada depan protokolnya. Dengan begitu, pengunjung lebih percaya dengan perusahaan yang memiliki web tersebut. Sehingga, jenis SSL certificate ini cocok sekali untuk perusahaan.