Knowledge Base

Pengertian Fungsi Dan Cara Flush DNS Cache

Fikri   3 Desember 2011

Pengertian Flush DNS Cache

Sebelum membahas tentang Flush DNS Cache, alangkah baiknya jika kita mempelajari tentang DNS cache terlebih dahulu. DNS cache merupakan log atau catatan sementara pada sistem operasi di komputer yang menyimpan rekaman data IP dari nama domain yang sebelumnya telah dikunjungi oleh pengguna komputer tersebut.

Sementara menurut Richard Fox dan Wei Hao dalam bukunya yang berjudul Internet Infrastructure: Networking, Web Services, and Cloud Computing, menyebutkan bahwa DNS cache adalah mekanisme untuk menyimpan hasil query DNS (pemetaan nama domain ke alamat IP) secara lokal selama jangka waktu tertentu, sehingga pengguna DNS bisa mendapatkan respons yang lebih cepat terhadap akses DNS yang berhubungan.

Sedangkan Flush DNS Cache adalah mengosongkan atau menghapus log/catatan/query DNS cache pada komputer bersangkutan.

Fungsi Flush DNS Cache

Fungsi Flush DNS Cache adalah untuk melakukan perubahan pada komputer/jaringan yang sedang digunakan agar dapat menyesuaikan informasi perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu domain, DNS, website, name server yang belum terlihat record data terbarunya (IP dan sebagainya) setelah adanya perubahan atau perpindahan record data. Walaupun di browser sudah mencoba refresh browser berkali kali, tetap saja datanya masih sama.

Terkadang Flush DNS Cache perlu dilakukan setelah adanya pergantian DNS pada suatu domain yang sudah expired ataupun ada perubahan tempat web hosting hingga DNS Domain telah menggunakan DNS Default dari registrar (tempat daftar sebelumnya ). Untuk me-resolve suatu domain sendiri memerlukan waktu 24 -72 Jam, tapi apabila pada network atau komputer anda masih terlihat data seperti sebelum nya maka Flush DNS Cache wajib dilakukan.

Cara Flush DNS Cache

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan pada proses Flush DNS Cache (Setiap sistem operasi yang digunakan berbeda-beda).

Flush DNS Cache Mikrotik

  1. Login via Winbox pada dashboard mikrotik anda, lalu Klik IP > DNS > Cache > Flush Cache

    Flush-DNS-Mikrotik.jpg

    Maka tampilan web web di bawahnya akan terperbaharui.

Flush DNS Cache Windows

  1. Klik Start > Run
    ketik "CMD", lalu ketik perintah berikut:

    ipconfig /flushdns
    
  2. Lalu tekan Enter.

Flush DNS Cache Linux

  1. Buka terminal linux.

  2. Ketik perintah berikut :

    service named restart
    

    atau

    /etc/init.d/nscd restart
    
  3. Lalu tekan Enter.

Flush DNS Cache MacOS X

  1. Buka aplikasi terminal, kemudian ketik perintah tertentu. Lalu tekan Enter. Perintah yang diketikan berbeda-beda tergantung dari tipe OSX yang digunakan, berikut perintah Flush DNS Cache pada setiap tipe OSX:

    OSX 10.5 – 10.6

    sudo dscacheutil -flushcache
    

    OSX 10.7 – 10.6

    sudo killall -HUP mDNSResponder
    

    OSX 10.9

    dscacheutil -flushcache; sudo killall -HUP mDNSResponder
    

    OSX 10.1x

    sudo discoveryutil udnsflushcaches
    

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan tentang artikel Pengertian, Fungsi dan Cara Flush DNS Cache.