Knowledge Base

Hapus Data Mailing List

Rizky   22 Mei 2018

Terkadang data email di Mailing List tidak terhapus atau lupa untuk menghapusnya sehingga penggunaan data storage membengkak. Jelas hal ini dapat merugikan anda karena anda tidak bisa menerima atau mengirim email. Pada artikel ini akan dijelaskan cara untuk menghapus data mailing list yang sudah tidak digunakan menggunakan SSH.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara hapus data mailing list menggunakan SSH.

  1. Masuk ke server tujuan melalui SSH kemudian buka directory berikut dengan menjalankan perintah di bawah ini.

    cd /usr/local/cpanel/3rdparty/mailman/archives/private/
    
  2. Di dalam directory tersebut terdapat folder Mailing List setiap akun yang sudah dibuat. Pastikan akun mana saja yang penggunaan data storage nya besar. Contohnya akun tes@contohdomain.com, lalu jalankan perintah berikut.

    cd tes_contohdomain.com
    
  3. Kemudian Folder-folder pada akun tes@contohdomain.com akan terlihat. Biasanya yang banyak memakan penggunaan diskspace adalah data pada folder attachments. Silahkan masuk ke folder attachments dengan perintah berikut.

    cd attachments
    
  4. Akan muncul folder-folder tanggal ketika data email tersebut diterima, silahkan hapus saja yang sekiranya data tersebut tidak digunakan. Contohnya anda ingin menghapus email pada tanggal 18 Oktober 2017 (folder: 20171018), maka jalankan perintah berikut.

    rm -rf 20171018
    
  5. Anda sudah menghapus data mailing list menggunakan SSH. Silahkan cek kembali penggunaan data storage hosting anda setelah menghapus data emailnya.

Jika ada pertanyaan tentang artikel Hapus Data Mailing List, silahkan hubungi staf Indowebsite.