Knowledge Base

Cara Remote Database MySQL Menggunakan Navicat

Kennaz   27 April 2015

Navicat adalah software untuk database berupa GUI, dimana kita bisa menkonfigurasi database secara Grafic atau dengan secara instan tanpa menggunakan script. Kita bisa memanage beberapa database server di aplikasi ini, seperti oracle, SQL server, MySQL dll.

Navicat merupakan software untuk administrasi berbagai macam database, salah satunya MySQL. Navicat untuk MySQL adalah software untuk administrasi dan pengembangan database MySQL. Software ini bekerja dengan MySQL Database Server dari versi 3.21 atau diatasnya, dan mendukung sebagian besar fitur terbaru MySQL termasuk Trigger. Stored Prosedur, Fungsi Event, View, Manage User, dll.

Hal yang terpenting yang harus dilakukan sebelum mengakses database MySQL dari Navicat yaitu menambahkan IP ISP yang anda gunakan sekarang ke “Remote MySQL”. Untuk lebih detailnya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login cPanel

    Login-Cpanel-281x300.jpg

  2. Klik menu “Remote MySQL”

    RemoteMysql.png

  3. Tambahkan IP Address  dari ISP yang anda gunakan sekarang pada “Remote Database Access Host”. Untuk mengecek IP anda, silahkan buka http://www.indoip.com/

    addIpPublic.jpg

  4. Buka program Navicat for SQL, kemudian cari menu File > New Connection, dan isi dan lengkapi form tersebut sbb:

Connection Name : [nama dari koneksi anda/bebas]

Host Name/Ip Address: [hostname/IP address dari website anda]

Port: 3306

Username: [username dari user MySQL anda]

Password: [password dari user MySQL anda]

navicat.jpg

  1. Klik tombol “Test Connection” dan jika berhasil akan muncul pesan “Connection Successful”