Knowledge Base

Cara Verifikasi Google Webmaster Pada Layanan Website Builder

Ngubaedilah   14 Oktober 2016

Website builder adalah sebuah layanan yang tersedia di indowebsite.net , yang memungkinkan untuk membuat sebuah website dengan mudah . Sebab pada website builder sudah tersedia template website nya dan juga konfigurasi SEO website supaya website muncul di pencarian google . Salah satu faktor yang dapat menaikan ranking di google adalah google webmaster . Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara verifikasi google webmaster pada layanan website builder .

  1. Langkah pertama adalah masuk ke Google Webmaster tools , kemudian login menggunakan account google anda .

  2. Setelah masuk di situ akan muncul list website yang sudah di daftarkan , atau jika belum maka bisa klik ADD A PROPERTY . Klik manage property pada website yang masih Not Verified atau belum terverifikasi , kemudian pilih Verify this property .

    add property.jpg

  3. Di karenakan untuk layanan website builder tidak mendapatkan akses cPanel maupun FTP maka tidak bisa upload data , sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan metode HTML . Silahkan beralih ke metode alternatif ( Alternate methods ) kemudian pilih HTML tag . Copy kodenya saja tanpa tanda ” . Contoh : kansfanownASDAEEmianiwfneiwneivnwSDefvdd .

methods verify .jpg

  1. Setelah di copy , selanjutnya adalah memasukan kode tersebut pada website builder . Masuk ke halaman edit website builder . Untuk caranya bisa di lihat pada Artikel Cara Penggunaan WebSite Builder .

  2. Klik panah bawah pada Pengaturan lalu pilih SEO .

menu SEO.jpg

  1. Muncul popup pengaturan SEO , beralih ke tab Analytics . Masukan kode yang tadi ke kolom Google Webmaster Tools Code . Kemudian Apply untuk menyimpan .

    Masukan kode webmastertools.jpg

  2. Setelah di simpan , kembali lagi ke halaman google webmaster . Kemudian klik Verify yang ada di bagian bawah untuk mem-verifikasi .

  3. Jika berhasil akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini . Untuk masuk ke dashboard google webmaster klik Continue .