Knowledge Base

Cara Verifikasi Google Webmaster pada Layanan Website Builder

Ngubaedilah   14 Oktober 2016

Website builder adalah sebuah layanan yang tersedia di indowebsite, yang memungkinkan untuk membuat sebuah website dengan mudah. Sebab pada website builder sudah tersedia template websitenya dan juga konfigurasi SEO website supaya website muncul di pencarian google. Salah satu faktor yang dapat menaikan ranking di google adalah google webmaster. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara verifikasi google webmaster pada layanan website builder.

  1. Akses halaman login Google Webmaster tools, kemudian login menggunakan akun google anda.

  2. Setelah itu anda akan melihat daftar website yang sudah didaftarkan menggunakan akun google webmaster tools tersebut. Silahkan klik ADD A PROPERTY, kemudian klik Manage property pada website yang masih Not Verified atau belum terverifikasi, lalu pilih Verify this property.

    Add Property

  3. Dikarenakan untuk layanan website builder tidak mendapatkan akses cpanel/hosting maupun FTP maka tidak bisa upload data, sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan metode HTML. Silahkan beralih ke metode alternatif (Alternate methods) kemudian pilih HTML tag. Salin kodenya saja tanpa tanda " ". Contoh : kansfanownASDAEEmianiwfneiwneivnwSDefvdd .

    Metode Verifikasi

  4. Setelah disalin, selanjutnya adalah memasukan kode tersebut pada website builder. Masuk ke halaman edit website builder.

  5. Klik panah bawah di samping icon gear, lalu pilih SEO.

    Menu SEO

  6. Kemudian akan muncul popup pengaturan SEO, klik tab Analytics. Lalu tempelkan kode yang tadi ke kolom Google Webmaster Tools Code. Kemudian klik Apply untuk menyimpan.

    Masukan kode webmastertools.jpg

  7. Setelah disimpan, kembali lagi ke halaman google webmaster. Kemudian klik Verify yang ada di bagian bawah untuk mem-verifikasi.

  8. Verifikasi Google Webmaster Tools sudah selesai, silahkan klik tombol Continue untuk mengakhiri proses verifikasi.

Jika ada pertanyaan tentang artikel Cara Verifikasi Google Webmaster pada Layanan Website Builder, silahkan hubungi staf Indowebsite.