Knowledge Base

Cara Upgrade Paket Di Indowebsite

Fikri   11 Maret 2012

Pengertian Upgrade Paket

Upgrade Paket adalah penambahan atau peningkatan fitur fitur dan fasilitas, dengan cara menaikkan paket hosting yang digunakan saat ini, untuk diganti dengan paket Hosting yang memiliki fasilitas lebih besar. Contohnya : Saat ini anda menggunakan Paket Web Hosting Profesional dan Upgrade ke paket Expert.

Kenapa Dilakukan Upgrade Paket ?

Pada umumnya, pemilik Hosting akan mengelola hostingnya dengan sebaik mungkin, supaya layanan yang ada di dalam hosting tersebut bisa bekerja dengan optimal. Yang mana hasilnya bisa dilihat dari kecepatan website ketika diakses dan proses pengiriman dan penerimaan Email yang baik.

Alasan harus dilakukan Upgrade Paket adalah sebagai berikut :

  • Disk Space hosting sudah melebihi kapasitas yang tersedia.
  • Adanya Kebutuhan Resource yang tinggi karena peningkatan pengunjung website.
  • Proses pengiriman dan penerimaan email yang tinggi.
  • Membutuhkan Akses SSH pada layanan Shared Hosting.
  • Adanya kebutuhan untuk mengelola Sistem Teknologi Informasi yang lebih besar.
  • Adanya keinginan dari pemilik Hosting sendiri.

Proses upgrade paket di IndoWebsite hanya dikenakan biaya kenaikkan paketnya saja, dan biaya tersebut tidak menambah masa aktif layanan hosting yang sedang digunakan.

Langkah Langkah Upgrade Paket

Jika pengguna layanan di Indowebsite ingin melakukan upgrade paket, dari paket sebelumnya ke paket minimal setingkat di atasnya, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan jika anda pengguna layanan kami :

Langkah 1 : Login Member Area

Login ke Member Area dengan mengakses link Member Area, kemudian masukan username/email dan password dan centang I'm Not a Robot dan klik Login.
Login Member Area.png

Langkah 2 : Pilih Layanan

Setelah login, anda dapat langsung klik link menu Services » My Services, sesuai pada gambar berikut ini :

My Services.png

Langkah 3 : Pilih Hosting Yang Akan Diupgrade

Jika sudah tampil detail Layanan Hosting yang dimiliki saat ini, silahkan pilih hosting yang ingin dilakukan upgrade paket. Layanan yang bisa diupgrade adalah layanan yang masih Aktif.

My Product Services.png

Langkah 4 : Pilih Upgrade Paket

Langkah selanjutnya adalah melakukan upgrade paket dengan memilih Actions Upgrade/Downgrade. Seperti gambar di bawah ini :
Upgrade & Downgrade.png

Langkah 5 : Pilih Paket Baru dan Periode Tagihan

Pada langkah ini, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda. Pilih salah satu paket yang anda butuhkan untuk melakukan upgrade, karena akan di tampilkan semua paket-paket di atas paket yang anda gunakan saat ini. Ada juga periode tagihan yang bisa dipilih yaitu Semi Annually (6 bulan), Annually (1 tahun), Biennially (2 tahun), dan Triennially (3 tahun). Setelah memilih Periode tagihan selanjutnya pilih dan klik tombol Pilih Produk (Choose Product). Seperti pada gambar di bawah ini :
Pilih Paket.png

Periode Tagihan yang anda pilih nantinya akan diterapkan di hosting yang baru, artinya hosting baru nanti akan muncul tagihannya sesuai dengan periode yang dipilih. Contohnya, misalkan anda memilih Annually maka tagihan hosting yang baru akan terbit setiap 1 tahun sekali.

Langkah 6 : Rincian Upgrade Paket

Akan muncul biaya yang harus dibayarkan, karena kami menggunakan perhitungan otomatis (menghitung selisih dari penggunaan pada paket sebelumnya). Jika pada gambar dibawah ini, dengan sisa periodenya adalah 378 Hari lagi, maka anda hanya membayarkan sisa periodenya saja dari penggunaan pada paket sebelumnya.

Misalnya Cloud Starter ke paket Cloud Basic yang sudah anda gunakan selama periode hingga proses Upgrade dilakukan yakni sebesar Rp. 313,274,-. Sehingga anda tidak perlu membayar Paket Cloud Basic secara penuh atau anda dapat melihat Rumus Perhitungan Upgrade Hosting.

Pilih Metode Pembayaran dan jika mempunyai kode promo, masukan kode Promo ke kolom Promotional Code dan Kemudian klik Validation Code. Setelah Selesai, langsung klik Click To Continue.
Deskripsi Upgrade Paket.png

Langkah 7 : Selesai

Setelah selesai klik Continue, akan muncul invoice tagihan yang juga terkirim ke email terdaftar dan biasanya ada notifikasi via SMS.
Terbit Invoice.png
Deskripsi Invoice.png

Tahap Pembayaran

Sampai dengan tahap ini, pemesanan Upgrade Paket anda sudah selesai. Selanjutnya, segera lakukan pembayaran supaya proses upgrade paket segera dilakukan oleh tim support kami. Kami menyediakan banyak Metode Pembayaran yang memudahkan para pelanggan setia kami dalam melakukan transaksi dimanapun anda berada.

Catatan Dari Kang Iwe

Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut :

  • Upgrade Paket hanya berlaku pada hosting di kategori yang sama. Misalnya dari Web Hosting hanya bisa di upgrade ke paket Web Hosting yang lain, tidak bisa di upgrade ke Email Hosting atau Layanan Selain Web Hosting lainnya.
  • Proses Pemindahan Server, artinya Jika Upgrade Paket Web Hosting dari paket Standar Ke Paket Corporate akan dilakukan pemindahan Server menyesuaikan server yang dikhususkan untuk paket Corporate. Biasanya proses pemindahan server membutuhkan waktu 1x24 jam.
  • Tips Apabila Tidak ingin Upgrade Paket. Apabila anda tidak ingin melakukan upgrade paket namun kondisi Disk Space hosting anda penuh, anda bisa melakukan penghapusan data hosting yang tidak digunakan. Hal ini bisa mengurangi penggunaan Disk Space atau Memori hosting anda.
  • Anda juga bisa melakukan Downgrade Paket atau penurunan Paket Hosting dikarenakan adanya disk space yang tidak digunakan. Atau kebutuhan anda belum terlalu besar. Downgrade Paket tidak dikenakan biaya tambahan.

Terima kasih