Knowledge Base

Cara Create dan Delete DNS Record di CWP

Ngubaedilah   9 Oktober 2019

Seperti yang sudah diketahui bahwa cwp adalah control panel untuk memudahkan pengguna dalam pengeloaan layanan hosting gratis. Baik file manager, email, database pada website dan juga DNS zone editor. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara create dan delete DNS record di CWP. Hal ini biasanya di gunakan untuk user yang memang membutuhkan pengerahan domain ke hosting lain atau penggabungan DNS dengan membuat record MX yang diarahkan ke server lain.

Create DNS Record Di CWP

Berikut ini adalah langkah-langkah cara create DNS record di CWP.

  1. Silahkan login ke dashboard administrator CWP anda.

    Dashboard CWP

  2. Setelah itu klik menu DNS Functions > DNS Zone Editor, maka akan muncul tampilan DNS Zone Editor. Silahkan pilih nama domain anda pada kolom Select a Domain, lalu klik tombol Add Type Record. Contoh: menambahkan record MX.

    Add DNS

  3. Kemudian akan muncul kolom untuk mengisi detail DNS yang anda butuhkan. Silahkan isi dengan benar, lalu klik tombol Add Record MX.

    Add Entry DNS

  4. DNS berhasil ditambahkan.

Delete DNS Record Di CWP

Setelah berhasil membuat DNS, lalu bagaimana jika ingin menghapus DNS tersebut karena sudah tidak digunakan? Caranya sangat mudah, silahkan bisa ikuti tutorial berikut.

  1. Silahkan masuk ke menu DNS Zone Editor, caranya sama seperti langkah-langkah di atas. Kemudian akan muncul list DNS yang sudah pernah anda buat. Sebenarnya, di sebelah kanan list DNS tersebut terdapat tombol Delete untuk menghapus record DNS nya.

  2. Walaupun terdapat tombol Delete, tapi anda tidak bisa melihatnya karena halaman melebar. Silahkan zoom out pada browser sampai anda melihat tombol Delete. Anda bisa menghapus record DNS yang diinginkan dengan menekan tombol Delete tersebut.

    Menu Delete DNS

  3. Kemudian akan muncul jendela peringatan, anda hanya perlu mengklik Yes dan dns akan terhapus.

    Peringatan Hapus DNS

Jika ada pertanyaan tentang artikel Cara Create dan Delete DNS Record di CWP, silahkan hubungi staf Indowebsite.