Knowledge Base

Cara Backup Data Website Melalui Softacolous

Purwanto   14 Agustus 2013

Ada beberapa cara untuk membackup data di hosting cpanel, salah satunya adalah dengan melalui Softaculous. Cara backup data website melalui sotaculous sangat mudah, sebab tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit. Namun perlu diketahui bahwa backup data pada softaculous hanya bisa dilakukan jika anda menginstal CMS pada menu Softaculous Apps Installer di cpanel.

Berikut adalah cara backup data website melalui softacolous.

  1. Silahkan login ke cpanel anda.

    Login cPanel

  2. Cari dan pilih menu Softaculous Apps Installer pada bagian Software.

    Menu Softaculous Apps Installer.png

  3. Sebelum membuat backup data dari website melalui softaculous, anda harus terlebih dahulu mencari aplikasi (CMS) yang sudah terinstal di dalam halaman Softaculous. Silahkan klik icon All Installation disebelah kanan atas, kemudian akan muncul semua aplikasi (CMS) yang sebelumnya pernah anda instal.

    Icon All Installation Softaculous

  4. Klik icon Backup di sebelah kanan CMS yang terinstal (website yang ingin datanya di backup).

    Icon Backup Softaculous

  5. Anda akan diarahkan pada halaman seting backup, biarkan semua setingan backup default, namun pastikan centang pada bagian Backup Directory dan Backup Database untuk memastikan Softaculous akan membackup website anda sepenuhnya. Setelah itu tekan tombol Backup Installation di bagian bawah halaman.

    Seting Backup Softaculous

  6. Tunggu beberapa menit hingga proses backup selesai. Selama proses backup sedang berlangsung, jangan menutup atau me-refresh halaman ini. Setelah proses back up selesai akan ada pemberitahuan seperti gambar berikut.

    backup success

  7. Jika ingin mendownload data backupnya, silahkan klik Backups pada bagian "The backup was created successfully. You can access it from the Backups page". Kemudian anda akan diarahkan pada halaman download. Silahkan klik icon Download di sebelah kanan data backup yang tersedia untuk mendownload data backupnya.

    Download Backups

Demikian cara backup data website melalui softacolous untuk menghindari kehilangan data website. Jika ada pertanyaan tentang artikel Cara Backup Data Website Melalui Softacolous, silahkan hubungi staf Indowebsite.