Hosting

Server

Website

Pengetahuan Umum

Cara Install Aplikasi Remote Desktop TeamViewer

Oleh Rizky Aditya 18 Oktober 2014

TeamViewer adalah salah satu aplikasi remote desktop yang paling banyak digunakan. Cara penggunaannya mudah dan juga gratis.

Cara Kerja TeamViewer

Team viewer hampir sama dengan remote desktop milik windows. Namun menurut saya TeamViewer ini lebih mudah penggunaannya. Sebab remote desktop windows membutuhkan IP static supaya PC dapat diremote, sementara TeamViewer tidak membutuhkan IP static. Cukup terhubung koneksi internet maka sudah dapat me-remote dengan menggunakan TeamViewer. Sebab TeamViewer menggunakan ID dan password untuk menghubungkan ke PC yang diremote.

Kelebihan TeamViewer

TeamViewer memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi remote desktop yang lain.

  1. Tidak membutuhkan IP static. Yang terpenting terhubung dengan internet.
  2. Terdapat versi gratis dan premium.
  3. Mempunyai fitur chatting. Fitur chat ini memungkinkan kita dapat melakukan komunikasi dengan pihak yang PC nya sedang kita remote. Ini berguna jika kita melakukan remote PC untuk membantu melakukan setting atau memperbaiki error yang terjadi pada PC.
  4. Saat ini team viewer sudah support berbagai sistem operasi. Antara lain Windows, MacOS, Linux, Chrome OS, Raspberry Pi, Android, iOS, dan Windows Apps.

Apakah TeamViewer bisa digunakan untuk meremote Macbook dari windows?

Tentu saja bisa, saat ini Team Viewer sudah support diberbagai sistem operasi. Anda dapat melakukan remote desktop melalui berbagai sistem operasi misalnya:

  1. Dari Android ke Android.
  2. Dari Android ke iOS.
  3. Dari Android ke Windows.
  4. Dari iOS ke Android.
  5. Dari Windows ke MacOS.
  6. Dari Windows ke Windows.
  7. Dan lain-lain.

Syarat utama untuk bisa menggunakan TeamViewer adalah perangkat tersebut harus terhubung ke internet dan sudah terinstall aplikasi TeamViewer.

Cara Install TeamViewer

Berikut ini adalah cara install aplikasi TeamViewer.

  1. Silahkan bisa download dahulu untuk TeamViewer di sini. Download sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

  2. Setelah download selesai langsung saja install dengan klik 2 kali pada file yang sudah di download dan akan muncul jendela installer. Pilih Basic installation kemudian personal/non commercial use dan klik accept -finish.

  3. Setelah itu akan muncul Run installation dan klik YES.

  4. Maka prosess Instalasi berlangsung seperti gambar.

  5. Setelah Instalasi selesai maka otomatis untuk aplikasi TeamViewer akan terbuka dan instalasi telah selesai dan TeamViewer siap digunakan.

    Instalasi TeamViewer sudah selesai dan bisa di gunakan.
    Keterangan :

    • ID : ( identitas untuk TeamViewer komputer yang menggunakan aplikasi TeamViewernya)
    • Password : (password untuk dapat terhubung remotenya dengan komputer anda )

Cara menggunakan TeamViewer

Jika komputer anda yang akan di remote maka informasikan untuk ID dan Passwordnya ke rekan Anda yang akan melakukan remote ke PC anda.

Partner ID : (ID untuk lawan yang akan di remote atau terkoneksi ) Setelah memasukan ID dan klik Connect to partner maka akan meminta password untuk TeamViewer partnernya atau yang akan di remote.

Syarat dari remote desktop menggunakan TeamViewer adalah komputer yang digunakan sama sama sudah terinstall Aplikasi team viewer biasanya sesuai versi dan terkoneksi ke internet.