Knowledge Base

Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda

Rizky   3 November 2013

Adakalanya anda ingin mengarahkan sub domain anda pada hosting atau IP yang berbeda dengan domain utamanya. Tujuannya adalah agar beban resource server pada domain utama dapat terbagi ke server lain yang menjadi tujuan sub domain tersebut. Cara untuk mengarahkan sub domain pada hosting atau IP server lain sangat mudah, karena cpanel sudah menyediakan fitur tersebut. Namun sebelum anda membaca lebih jauh artikel ini, sebaiknya anda pahami dahulu pengertian sub domain agar nantinya tidak kebingungan.

Berikut cara mengarahkan sub domain pada hosting atau IP yang berbeda.

  1. Silahkan login ke cpanel anda.

    Login cPanel

  2. Langkah selanjutnya adalah membuat sub domain terlebih dahulu, pastikan hosting anda sudah support sub domain. Dalam contoh ini, sub domain yang digunakan adalah tes.contohdomain.com

  3. Kembali ke halama utama cpanel, lalu cari dan pilih menu Zone Editor pada bagian DOMAINS.

    Menu Zone Editor

  4. Klik tombol Manage di sebelah kanan domain utama yang sub domainnya ingin di arahkan ke hosting lain.

    Tombol Manage DNS

  5. Cari A record sub domain tanpa www (tes.contohdomain.com) dan dengan www (www.tes.contohdomain.com), pada kolom pencarian. Dua record DNS inilah yang IP nya akan diarahkan ke hosting lain. Silahkan klik tombol EDIT disebelah kanan.

    DNS Sub Domain

  6. Pada kolom Record, rubah IP default sub domainnya menjadi IP server/hosting yang dituju. Setelah itu klik tombol SAVE RECORD.

    Rubah DNS Sub Domain

  7. Sub domain sudah berhasil diarahkan ke hosting atau IP server lain. Jika masih belum bisa diakses, itu berarti sedang dalam proses propagasi DNS. Silahkan tunggu sekitar 24 - 72 jam hingga propagasi DNS selesai.

    Sub Domain Berhasil Diarahkan ke Hosting Berbeda

Note: anda bisa mempercepat proses propagasi DNS dengan cara mengikuti artikel Trik Mempercepat Propagasi DNS.

Jika ada pertanyaan tentang artikel Mengarahkan Sub Domain pada Hosting atau IP yang Berbeda, silahkan hubungi staf Indowebsite.