Knowledge Base

Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda

Rizky   3 November 2013

Contoh , Sesuai dengan peraturan Mabes Polri, seluruh jajaran POLRI menjadi sub domain polri.go.id. Hubungi administrator di Divisi Telematika Mabes Polri. Misalkan Polda jawa barat ingin membuat sebuah website , maka harus menggunakan subdomain tidak bisa menggunakan sebuah domain utama .
Misalkan subdomainnya adalah jabar.polri.go.id . Di karenakan Polda Jawa Barat dan Polri berbeda kantor dan berbeda IT maka hosting antara domain utama Polri dan subdomain Polda Jawa Barat berbeda .

Di sini saya akan menjelaskan cara mengarahkan subdomain ke hosting yang berbeda atau ip yang berbeda .

Pertama nama domain utama hosting tersebut harus nama subdomain dari subdomain yang ingin di arahkan ke hosting yang berbeda misalkan “ jabar.polri.go.id “ .

Berikut adalah cara mengarahkan subdomain ke hosting atau ip yang berbeda :

  1. Login ke cPanel menggunakan username dan password yang diinformasikan di email terdaftar. Cara login dengan menggunakan link namadomain.com/cpanel atau namadomain.com:2082 .

Login cPanel

  1. Langkah pertama yaitu adalah create subdomain , untuk cara create subdomain silahkan bisa di lihat pada link ( create subdomain )
  2. Untuk mengarahkan subdomain ke hosting atau ip yang berbeda yaitu melalui “ Advance DNS Zone Editor “ .

Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda-0.jpg

  1. Setelah masuk kemudian cari nama subdomain pada kolom “ name “ yang ada di zone file records .

Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda-1

  1. Kemudian edit A record dari subdomain tersebut , klik “ edit “ kemudian masukan IP dari hosting yang dengan nama domain utama subdomain tersebut pada kolom “address “ setelah selesai klik “ edit record “ untuk menyimpan perubahan .

Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda-2

  1. Setelah itu mungkin subdomain tidak bisa langsung di gunakan sebab ada proses propagasi DNS selama sekitar 24-72 jam , untuk lebih jelasnya tentang proses propagasi DNS bisa di lihat pada ( Propagasi DNS )

Demikianlah cara mengarahkan subdomain ke hosting yang berbeda atau ip yang berbeda . Untuk proses ini harus di lakukan dari pihak pemilik domain utama .

Artikel Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda telah selesai.

Jika ada pertanyaan tentang artikel Mengarahkan Subdomain ke Hosting atau IP yang Berbeda silahkan hubungi staff kami.