Knowledge Base

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel

Rizky   23 Desember 2014

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel

Jika Anda pernah melakukan kesalahan setting DNS record dan akibatnya domain tidak dapat di akses karena domain tidak mengarah ke hostingnya. Lalu ingin mengembalikan DNS record seperti semula ?

Berikut ini saya beritahukan Cara Reset DNS Record Melalui cPanel, cara ini mengembalikan pengaturan DNS Record ke pengaturan default (awal), sehingga jika ada pengaturan DNS record yang pernah dilakukan dan pengaturan tersebut sudah berjalan baik, maka pengaturan DNS record tersebut akan ikut terhapus juga. Maka setelah kembali ke pengaturan default, silahkan lakukan pengaturan ulang DNS record nya.

Tahap pertama

Masuk ke cPanel domain Anda dengan menggunakan IP Temporary atau juga bisa meminta bantuan ke admin web hostingnya untuk membantu resetkan DNS recordnya.

Login cPanel

Tahap Kedua

Masuk ke menu Domains >> Zone Editor.

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel-0

Tahap Ketiga

Kemudian klik tombol Manage di kolom domain yang ingin di reset dns nya.

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel-1

Tahap Keempat

Klik icon Gear lalu pilih klik berapa page yang ingin di reset dan klik Reset Zone. Dan akan muncul notifikasi jika reset dns, lalu klik Continue.

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel-2

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel-3

Dan perlu di perhatikan kembali bahwa setelah reset DNS atau ada perubahan DNS, akan terjadi proses yang di namakan Propagasi DNS.

Terima kasih :)