Knowledge Base

Cara Reset DNS Record Melalui cPanel

Rizky   23 Desember 2014

Jika Anda pernah melakukan kesalahan setting DNS record dan akibatnya domain tidak dapat di akses karena domain tidak mengarah ke hosting. Lalu ingin mengembalikan DNS record seperti semula ? Untuk mengembalikan konfigurasi DNS seperti semula maka bisa dilakukan dengan cara reset zone atau reset DNS. Untuk reset zone bisa dilakukan melalui WHM dan cPanel. Jika anda merupakan pengguna shared hosting maka bisa melakukan reset DNS melalui cPanel.

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah reset DNS melalui cPanel. Reset DNS akan mengembalikan pengaturan DNS ke pengaturan awal atau default, sehingga DNS zone yang sudah anda input akan terhapus. Sebelum reset DNS saya sarankan untuk backup terlebih dahulu DNSnya.

  1. Login ke cPanel domain Anda. Jika nama domain anda tidak bisa di akses maka untuk login ke cpanel bisa dengan menggunakan IP server hosting.
    Login cPanel
  2. Masuk ke menu Zone Editor yang ada di kolom Domains.
    zone-editor
  3. Kemudian klik tombol Manage di kolom domain yang ingin di reset DNS nya.
    manage-dns
  4. Klik icon Gear kemudian klik Reset Zone. Dan akan muncul peringatan reset dns, lalu klik Continue untuk melanjutkan.
    reset-zone

Dan perlu di perhatikan kembali bahwa setelah reset DNS atau ada perubahan DNS, akan terjadi proses yang dinamakan Propagasi DNS. Jika setelah reset DNS, website anda masih belum bisa diakses. Silahkan bisa menghubungi team support kami supaya bisa kami bantu.

Salam
IndoWebsite Team