Knowledge Base

Cara Menampilkan File PDF Di Website/Postingan

Rizky   23 Januari 2015

Menampilkan file PDF di website/postingan dapat dilakukan dengan menggunakan google drive. Anda hanya perlu menaruh file PDF yang ingin ditampilkan pada website ke google drive, untuk selanjutnya file tersebut dipanggil dengan menggunakan frame pada website anda.

Bagi anda yang ingin menampilkan artikel/data file yang berbentuk PDF pada website dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan menggunakan Google Drive.

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah sebuah wadah atau tempat yang dapat digunakan untuk membuat, membagi, mengolaborasikan dan menyimpan data. Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 Gigabyte (GB) dan dapat digunakan gratis. Jika ingin memperbesar kapasitas sebesar 100 GB sampai 16 Terabyte (TB), pengguna dikenakan tarif. Google Drive juga menyediakan fasilitas aplikasi pengolah kata atau yang biasa disebut sebagai Google Docs.

Menampilkan File Google Drive ke Website

Teknik menampilkan file PDF pada website ini menggunakan google drive sebagai media. Penjelasan secara sederhana: anda mengupload file PDF pada google drive, kemudian menampilkan file tersebut pada website dengan iframe. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah Pertama

Siapkan file PDF anda pada komputer/laptop anda
Setelah itu akses drive.google.com pada browser anda, kemudian login dengan Account Google anda (jika belum mempunyai Account Google diharapkan membuat terlebih dahulu). Setelah itu upload file PDF yang ada pada komputer/laptop anda ke google drive.
Google Drive

Langkah Kedua

Klik kanan pada file PDF di google drive yang ingin anda tampilkan pada website, lalu pilih Open with > Google Docs
Google Drive

Langkah Ketiga

Setelah halaman Google Docs terbuka, silahkan klik menu File > Publish to the web.
Google Drive-0

Langkah Keempat

Klik tab Embed lalu klik tombol Publish, setelah itu copy kode html yang muncul.
Google Drive-1
Google Drive-2

Langkah Kelima

Buat postingan pada website anda, lalu tambahkan script html tersebut dengan menggunakan blok html (elemen yang dapat membaca script html).

Jika ada pertanyaan tentang artikel Cara Menampilkan File PDF pada Website, silahkan hubungi staf Indowebsite.