Knowledge Base

Cara menambahkan Media di Library pada WordPress

Nunut   20 November 2012

MEDIA dalam Dashboard yang ada di WordPress.com adalah Menu pada wordpress yang menyediakan penempatan video, gambar, file, dll yang memberikan warna tersendiri untuk blog tersebut, Menu Media ini bisa diupgrade, namun harus membayar dengan cara ngeklik “space upgrade” yang ada di Media Library. Jika sudah diupgrade, tidak hanya “file size” nya saja yang bisa ditambah sampai 3GB, tapi juga jenis file nya, al : file musik dan video. Jadi kalau kita mau pasang gambar, kita tinggal klik tombol “add an image” yang ada di atas kolom penulisan. Tapi, secara tidak langsung, kita telah menggunakan fasilitas “MEDIA”. Itu semua merupakan jalan pintasnya. Untuk yang lama nya , kita ke menu “Media”. Fungsinya adalah untuk mempercantik dan membuat kreatif blog kita. Tidak hanya dengan tulisan yang membuat kepala pusing, tapi kita juga bisa menikmati gambar-gambar dan musik yang ada di blog tersebut.

LIBRARY adalah Sub Menu Media yang menjadi tempat menaruh file file media tersebut yang telah kita upload. Seperti “My Document” jika pada komputer. Kita bisa melihat file-file kita di Library. Istilah Library ini tidak hanya digunakan WordPress. Tapi digunakan juga oleh “i-Tunes”, “Macromedia Flash”, dll. Di submenu ini kita bisa melihat juga siapa yang upload(biasanya yang menulis)(author), kapan kita upload file tersebut(date), dan dimana kita gunakan file media tersebut (attached to)..

DD NEW atau Upload adalah Sub Menu Media untuk kita menambahkan file media yang ingin diupload/dimasukkan ke account blog kita. Caranya tinggal ngeklik tombol “add new” dan klik “select files”, nantinya kita akan disuruh memilih file dari harddisk kita. Seperti yang tadi sudah ditulis, cara gampang nya tinggal mengklik “add new image” atau “add new music” atau “add media” atau “add video”. Semuanya adalah jalan pintasnya. untuk music dan video, belum bisa kita upload jika belum mengupgradenya.

cara menambahkan file-file penunjang artikel kita ke Media Library

  1. Pada sidebar kiri klik menu Media

    media1.jpg

  2. **Add New **dibawah menu Media atau di sampaing Media Library

    addnew2.jpg

    Ada beberapa cara untuk mengupload media :

    3.1. Drag and Drop

    Klik file di komputer yang ingin diupload kemudian geser ke kotak yang Media yang di dashboard WordPress
    drag3.11.jpg

    3.2. Select file
    Klik tombol select files yang ada kotak Media

    browsefile3.2.jpg

    File yang diupload bisa menggunakan multi-file uploader yang bisa uplload file lebih dari satu asal ukurannya tidak lebih dari 8MB.

    3.3. Browser Uploader

    Jika ada masalah dengan multi-file uploader anda bisa menggunakan perupload yang hanya satu file setiap upload.

    3.3.1. Klik Browser Uploader yang ada dibagian bawah Media
    browserupload3.3.1.jpg

    3.3.2. kemudian klik Browse… dan pilih Media yang ingin upload kemudian klik Upload

    browserupload3.3.2.jpg

4.File sudah tersimpan

addnew2.jpg