Blog

Ubah PDF ke Word Online

Ubah PDF ke Word dengan Aplikasi Online Ini!

  • Purwanto

  • 21 Januari 2019

Ubah file PDF ke word saat ini sangat mudah dilakukan. Dengan bantuan online, anda bisa melakukan convert pdf ke word dengan hanya beberapa klik saja. File dalam bentuk microsoft word siap untuk anda download. Dan yang paling penting, semua tool ini gratis.

Apa itu PDF?

Siapa yang tidak kenal format file PDF, sebuah file kecil yang berisikan dokumen berupa text atau gambar yang ringan dan kompatibel dengan berbagai macam Sistem Operasi. PDF merupakan singkatan dari (Portable Document Format) yang di kembangkan oleh Adobe.

Sesuai namanya, saat di perkenalkan sekitar tahun 1993. Format file ini bertujuan untuk memudahkan pertukaran berkas digital yang bisa di baca dari perangkat apapun tanpa batasan hardware, software, dan sistem operasi.

Pada awal dikenalkan format file ini tidak begitu diminati. Karena untuk membuka dan membaca file PDF di perlukan software berbayar, yaitu Adobe Acrobat Reader. Yang pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun saat ini file PDF sudah sangat familiar dan banyak aplikasi reader yang mendukung format file ini.

PDF2DOC

Website ini termasuk salah satu yang menyediakan konversi berbagai dokumen yang sangat mudah di gunakan. Tampilan yang sederhana dan sangat ramah pengguna. Selain itu, website ini sangat ringan di akses dan tersedia berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Menurut klaim di websitenya, mereka merupakan situs pengubah PDF ke Word yang menjamin kualitas lebih baik di banding konverter lainnya.

Kelebihan dari website ini adalah dapat mengkonversi hingga 20 file PDF sekaligus dan bisa di download keseluruhan hasil konversi dengan satu kali klik, atau bisa juga satu persatu.

Untuk memulai konversi file PDF, buka halaman https://pdf2doc.com/id/. Klik pada tombol “Unggah File“, atau geser file dari File Explorer anda dan arahkan ke kotak “Letakan File anda Disini“. Tunggu hingga proses konversi selesai. Setelah selesai, kik pada tombol “Unduh” di dokumen yang ingin di download. Atau klik tombol “Unduh Semua” jika ingin mengambil semua file sekaligus.

pdf to doc

ILOVEPDF

Website ini merupakan versi online dari software offline berbayar Solid Documents, yang menurut klaim mereka merupakan aplikasi konverter pdf ke Office terbaik yang tersedia untuk versi Windows dan Mac. Aplikasi ini bisa mengkonversi file PDF ke berbagai office format seperti Word, Excel dan Power Point.

Untuk versi online, aplikasi ini di sediakan gratis dengan beberapa kelebihan, yakni anda bisa mengkonversi file dari Google Drive dan Dropbox. Demikian juga dengan hasil konversi pdf ke word, bisa di transfer langsung ke Google Drive dan Dropbox, share link URL, atau langsung di download ke komputer anda.

Kelemahannya, website ini tidak mendukung multi file, jadi jika anda ingin mengkonversi banyak file PDF, harus dengan sabar mengupload, dan mendownload satu per satu.

Untuk memulai konversi pdf ke word, silahkan buka web https://www.ilovepdf.com/pdf_to_word. Klik pada tombol “Select PDF File” jika ingin mengambil langsung dari komputer anda, atau pilih logo icon Google Drive/Dropbox jika ingin menggunakan file dari Cloud Storage anda. Setelah file terupload, akan muncul tombol “Convert to Word“, klik pada tombol tersebut lalu tunggu hingga konversi selesai. Setelah selesai, file Word anda siap di download.

i love pdf

FREEPDFCONVERT

Saat pertama kali di buka, website ini memberikan kesan simple dan ramah pengguna. Di bagian tengah secara jelas terdapat tombol besar yang mengarahkan pengguna untuk mengupload file dari tombol tersebut.

Website ini di perkenalkan sejak tahun 2005 oleh Baltsoft, sebuah perusahaan yang bergerak di pengembangan perangkat lunak yang berasal dari negara Lithuania.

Saat kami membuka web ini, counter terlihat menghitung sudah melakukan sebanyak 61.5 Milyar kali konversi.

Kelebihan dari website ini adalah sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia, dan mendukung upload dokumen dari Cloud Storage (Google Drive dan Dropbox) serta bisa di ambil langsung dari link URL.

Kekurangan dari website ini adalah hanya bisa mengupload 1 file dan harus menunggu 60 menit untuk mengkonversi file berikutnya. Jika tidak ingin menunggu, anda harus berlangganan dengan harga $9/bulan.

Untuk memulai ubah pdf ke word, klik pada tombol “Pilih file PDF“. Tunggu hingga konversi selesai, lalu klik pada tombol “Unduh File“, atau klik pada logo Cloud Storage pilihan anda untuk mengcopy file secara online.

freepdfconvert

PDF IO

Webite ini juga memiliki desain yang sangat ramah pengguna. Tidak banyak tulisan yang mengganggu, keterangan di buat sedemikian padat, ringkas dan jelas. Dengan desain putih polos, website ini sangat nyaman di mata. Menggunakan nama domain yang pendek, sehingga mudah di ingat dan mudah di ketik.

Website ini sudah mendukung Bahasa Indonesia serta upload dokumen dari Google Drive, Dropbox dan link URL. Kelemahan dari website ini, saat kami coba mengupload sebuah file kecil, proses konversi cukup lama di bandingkan konverter pdf to word lainnya.

Untuk memulai konversi pdf ke word, buka halaman https://pdf.io/id/pdf2doc/ klik pada tombol “Pilih file” lalu tunggu hingga proses selesai. Anda bisa langsung mengunduh file pdf ke komputer anda.

pdf.io

PDF2GO

pdf2go merupakan solusi lengkap editor file PDF, di website ini selain menyediakan ubah pdf ke word juga menyediakan menggabung file pdf, atau memisahkan file pdf dalam satu website. Website ini tidak sepenuhnya gratis, apabila anda ingin fitur premium, anda harus menyediakan $6 sebulannya.

Kelebihan website ini selain bisa mengupload file dari Cloud Storage dan link URL. Juga tersedia opsi-opsi lanjutan seperti konversi ke word 2003 ke bawah (.doc) atau versi terbaru dengan ektensi .docx. Juga tersedia fitur OCR (Optical Character Recognition) yang memungkinkan mengkonversi gambar yang berupa tulisan menjadi text murni.

Selain itu, mereka juga menyediakan extension untuk browser Google Chrome dan Firefox. Sayangnya, website ini belum tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Untuk memulai proses ubah pdf ke word, buka halaman https://www.pdf2go.com/pdf-to-word. Klik pada tombol “Choose File“, tunggu hingga file terupload, pilih opsi yang diinginkan, lalu klik “Save Change“. Tunggu hingga proses konversi selesai. File akan otomatis terdownload ke komputer anda.

pdf2go.com

Kesimpulan

Dari kelima website diatas, menurut kami yang terbaik untuk ubah pdf ke word adalah website pdf2doc, karena pertimbangan kemudahan, kecepatan dan tentunya 100% gratis.

Selain itu, pertimbangan lainnya juga bisa mengupload langsung 20 file sekaligus, sehingga sangat menghemat waktu. Memang pdf2doc tidak menyediakan fitur upload dan download menggunakan cloud storage. Dan juga tidak menyediakan tambahan fitur seperti konversi ke word versi lama. Namun sepengalaman kami tidak begitu berpengaruh versi word lama jarang sekali di butuhkan.

Demikian tulisan ini, semoga membantu.