Knowledge Base

Cara Setting User Level Filtering

Rizky   18 November 2014

Cara Setting User Level Filtering

Fitur Filtering atau yang saat ini disebut dengan Email Filters memungkinan kita untuk mengontrol email masuk dan mengurangi spam. Fungsi bisa diterapkan pada setiap email akun pada domain untuk membuang email spam atau dengan meredirect-kan email.
Berikut Cara Setting User Level Filtering :

  1. Login ke cPanel
  2. Klik Menu User Level Filtering

Cara Setting User Level Filtering-0

  1. Klik Manager Filter pada akun email yang ingin menggunakan fitur ini

Cara Setting User Level Filtering-1

  1. Create New Filter

Cara Setting User Level Filtering-2

  1. Menu pada gambar dibawah ini kita dapat menambahkan beberapa aturan untuk subjek, alamat, atau bagian lain dari pesan. Kemudian kita dapat menambahkan beberapa tindakan untuk pesan yang kita terima seperti untuk menyampaikan pesan ke alamat email yang berbeda dan kemudian membuangnya.

Cara Setting User Level Filtering-3

Filter Name : Diisi nama / judul filternya.

Rules

Klik Drop-down menu pada kolom 1 :

  • Form : Alamat email pengirim
  • Subject : Subjek Email
  • To : Alamat email penerima
  • Reply Address : Alamat email pengirim yang menerima balasan
  • Body : Isi Pesan
  • Any header : Header Pesan
  • Any recipient : Header Pesan
  • Has not been previously delivered : Hanya memeriksa pesan yang masih dalam antrian pengiriman.
  • is an error message : Hanya memeriksa pesan dari sistem auto responder
  • Spam Status : Apache SpamAssassin ™ menandai pesan sebagai spam. Status Spam akan dimulai dengan tanda YES atau NO
  • Spam Bar : Isi Spam Bar yang digenerate oleh Apache SpamAssassin ™ semakin banyak tanda plus semakin besar kemungkinan email tersebut adalah spam.
  • Spam Score : Nilai keseluruhan spam yang ditanyakan dalam angka.

Klik Drop-down menu pada kolom 2 :

  • equals : Sama persis dengan string yang kita tetapkan.
  • matches regex : Sesuai dengan reguler-expression yang ditetapkan.
  • contains : Mengandung string yang ditetapkan.
  • Does not contain : Tidak mengandung string yag ditetapkan.
  • begins with : Dimulai dengan string yang ditetapkan.
  • ends with : Berakhir dengan string yang ditetapkan.
  • Doesn not begin : Tidak dimulai dengan string yang ditetapkan
  • Does not end : Tidak diakhiri dengan string yang ditetapkan
  • Does not match : Tidak sama dengan string yang Anda tetapkan

Pada menu drop-down kolom 3 : Pilih tindakan untuk rule yang telah dibuat.
contoh :

Cara Setting User Level Filtering-4

Kolom 1 diisi From, kolom 2 diisi equals dan kolom 3 diisi user@contohdomain.com
maka yang berlaku hanya untuk email user@contohdomain.com, selain user@contohdomain.com tidak akan berpengaruh terhadap rule tersebut.

Action

Adalah langkah terakhir apa yang akan dilakukan untuk email yang telah terfilter.

  • Discard Message : Membuang pesan yang masuk tanpa pemberitahuan kegagalan.
  • Redirect to Email : Akan alihkan ke email lain yang kita tentukan dikolom bawah.
  • Fail with Message : Membuang Email dan mengirimkan informasi pesan gagal yang kita buat ke email pengirim.
  • Stop processing rules : Meng-Skip aturan-aturan diatas.
  • Deliver to folder : Email kita terima hanya saja dimasukan ke folder yang kita tentukan.
  • Pipe to a program : Mengirim pesan ke program yang ada buat.
  1. Create

Terima kasih :)